Friday, June 22, 2007

Siswa juga Manusia


Salah satu tujuan proses pembelajaran sains (fisika) adalah pembentukan sikap serta pola pikir sains dalam diri siswa, Demonstrasi sebaqgai salah satu pilihan proses pembelajaran dapat menghasilkan data sebagai pemicu bertumbuh dan berkembangnya sikap-sikap sains dalam diri siswa.
Tidak lupa juga diperhatikan keadaan emosional siswa selama kegiatan pembelajaran karena keadaannya berbeda-beda. Pada siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan mempercepat perkembangan sikap sains, tetapi bagi yang mempunyai masalah emosional sebelumnya, akan menghambat perkembangan sikapnya. Masalah-masalah yang sering dijumpai pada siswa seperti ; takut gagal dalam menghadapi permasalahan, terlampau bergantung dengan pendapat orang lain (guru/siswa), menarik diri pada permasalahan yang ditemui.
Pemebelajaran fisika memang harus memiliki aspek manusiawi, Siswa sebagai pribadi yang dinamis harus ditempatkan sebagai subjek dengan pendekatan proses serta pribadi (emosional) .
(Catatan kecil di kelas)

No comments: