Monday, October 15, 2007

Green City


Sesuai dengan tema Blog Action Day, saya sedikit menulis tentang kota Pekanbaru, tempat tinggal saya saat ini. setelah hampir tujuh tahun tinggal di sini, saya telah melihat banyak perubahan, sama seperti kota-kota yang sedang mekar di sektor ekonomi dan pemerintahannya.

Berbicara tentang kenyamanan, yang pertama sekali saya bayangkan adalah bisa menghirup udara segar yang sejuk, hal yang semakin sulit di temukan di kota pekanbaru ini. Setiap orang pasti ingin tempat tinggalnya nyaman untuk dihuni, ingin ada kesegaran dan kesejukan disekitarnya, tetapi ironisnya Ditengah pembangunan kota yang pesat, biasanya hal-hal penting seperti paru-paru kota harus dikorbankan demi kepentingan ekonomi dan sebagainya.

Pohon-pohon sudah banyak hilang dari sudut-sudut kota, udara semakin panas dan kotor, kota semakin gersang, apalagi ditambah kabut asap yang rutin menutupi udara kota. sangat mungkin kalau segera tidak diatasi, sebentar lagi pasti seperti di hidup di dalam bagasi mobil.

Pemerintah kota perlu mengambil langkah strategis untuk mempertahankan bahkan menambah kawasan-kawasan hijau. Dengan cara ini diharapkan kota Pekanbaru bisa menjadi lebih sejuk. Menciptakan tata ruang kota yang berbasis alam, adalah salah satu alternatif yang patut di coba semua pembangunan fisik di kawasan Pekanbaru harus menyediakan ruang hijau sebagai penyeimbang lingkungan hidup.Kawasan hijau seperti seperti taman hutan rakyat, dan kawasan lindung harus terus dibenahi, terutama yang berdampingan langsung dengan masyarakat, yaitu kawasan perumahan dan disekitar jalan raya, konsentrasi ruang hijau harus sangat diperhatikan. Bloggers Unite - Blog Action Day

No comments: